MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK NOVEL “KOALA KUMAL” BY MILENIA



LK 3.5
MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK
NOVEL “KOALA KUMAL”
KARYA RADITYA DIKA
OLEH : Milenia Putri Utami
NUPTK : 979-780-769-X




A.      SINOPSIS NOVEL “KOALA KUMAL”  KARYA RADITYA DIKA
             Isi dari buku Koala Kumal sendiri dibagi menjadi 12 bab. Beberapa bab menceritakan satu tema yang sama yaitu tentang “patah hati”. Mulai dari patah hati dengan sahabat, patah hati dengan orang tanpa nama, dan patah hati yang lainnya.
                        Raditya Dika sendiri mendapat ide judul buku ketujuhnya ini “koala kumal” ketika dia mendapatkan salah satu foto seekor koala yang tinggal di Australia. Koala tersebut mulanya bermigrasi dari hutan tempat tinggalnya menuju hutan lain. Beberapa bulan kemudian, koala tersebut kembali ke hutan tempat tinggalnya. Namun ternyata selama ia pergi, hutan tempat tinggalnya itu telah ditebang dan menjadi rata oleh tanah. Si koala pun kebingungan kenapa tempat tinggalnya tidak seperti dulu.
                        Sama seperti cerita koala tersebut, Raditya Dika dalam buku Koala Kumal juga menceritakan beberapa cerita pengalaman hidupnya yang sama persis seperti nasib koala tersebut. Baik dalam percintaan, pertemanan, dan juga tentang sebuah tempat-tempat tertentu.
Berikut ini merupakan gambaran rinci dari 12 bab yang ada dalam novel Koala Kumal :
Ringkasan Bab 1 : Ada Jangwe di Kepalaku
Bab pertama  menceritakan kekuperan Dika (Raditya Dika) saat masih kelas 5 SD. Sebagai anak kuper membuatnya sulit memiliki teman untuk bermain. Jadi, selepas pulang sekolah, waktunya hanya dihabiskan berjam-jam bermain video game di Sega Genesis kesayangannya.
‘Kau bisa jadi bodoh main game terus’
‘Masa, sih, Pa?’ tanya gue.
‘Ya, nanti kau jadi bodoh, gak bisa berhitung lagi.’
‘Masak?’
‘Ya, kemarin teman Papa main video game, sekarang dia jadi hilang ingatan,
Dika. Dia gila’
Ok, sampai sini gue tahu kalau Bokap sudah mulai ngarang. (Hal. 3)
Setelah menasehati dengan alasan yang berlebihan, kemudian Papanya mengajak dia bermain layang-layang. Saat itulah pertemuan dengan Bahri dan Dodo bermula. Keakraban dan kekompakan sebuah persahabatan mereka tunjukkan. Sayangnya harus berakhir dengan perpisahan.
‘Iya, segini doang. Kalau kita gak berteman lagi gara-gara ini,
biar kita gak usah bertemu lagi. Selamanya,’. (Hal. 26).
Mendengar ucapan Dika memang terkesan berlebihan. Namum, sebenarnya memiliki alasan positif di balik perpisahan tersebut.

Ringkasan Bab 2 : Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film
Mengenai  film yang sedang digarapnya pada pertengahan tahun 2012, yaitu Cinta Brontosaurus. Dalam Bab ini kita akan dibuat tertawa luar biasa oleh komedi absurd yang disajikan.
‘Kalian sudah berapa lama pacarannya?’
‘Baru, kok, Pa,’ kata gue. ‘Baru.’
‘Iya, Om.’ Pacar gue membenarkan.
‘Ya, kalian cepat, lah, menikah!’ seru Bokap.
‘Kau tahu gak kenapa kalian harus menikah?’ tanya Bokap.
‘Kenapa, Pa?’ tanya gue.
‘BIAR T**** KAU GAK CUMAN DIPAKE BUAT PIPIS!’
Nyokap kwtawa. Si Pacar tersedak. Gue pengin mati. (Hal. 34)
Tawa lepas justru baru dimulai setelah dialog di atas. Tentang bagaimana paniknya Dika, setelah dia mengetahui Papanya ternyata nonton film yang dia buat. Dia tak bisa membayangkan apa reaksi Papanya menyadari dialog ‘nyeleneh’nya itu juga ditampilkan dalam layar lebar. Mungkin bagi yang pernah menonton film Koala Kumal sudah mengetahui cerita tentang keabsurdan keluarga dari Raditya Dika.

Ringkasan Bab 3 : Balada Lelaki Tomboi
Dalam Bab ini kita akan merasa salut dan kagum atas perjuangan Dika mendekati perempuan yang ditaksirnya. Karena besarnya pengorbanan yang dia lakukan untuk memikat Deska, si perempuan tomboi yang jago bermain tombak. Pengorbanan Dika dimulai dari ikutgym, supaya dia terlihat lebih macho di hadapan Deska. Sampai ikut spanning class yang di dalamnya mayoritas dihadiri oleh ibu-ibu.
“Ya, orang yang lagi kasmaran memang cenderung melakukan
hal di luar kebiasaannya, demi cinta yang dia kejar.” (Hal. 53)
Namun, sayangnya kita harus menaruh simpati dengan Dika, mengingat kisah cintanya menyisahkan luka.
“Tanpa motivasi, nge-gym jadi kegiatan yang membosankan.” (Hal. 68)
Patah hati yang dia rasakan telah merubah kesehariannya. Dia tak lagi bersemangat berada di gym, malas untuk melakukan suatu hal, mengabaikan makan sehat yang mengakibatkan berat badannya naik lima kilogram.

Ringkasan Bab 4 : Panduan Cowo dalam Menghadapi Penolakan
“Ada bermacam-macam alasan kenapa seorang cewek menolak cowok
 yang mendekatinya: mungkin kamu jelek, mungkin kamu bego,
atau mungkin ketek kamu bau pintu sampah Manggarai.” (Hal. 69)
Kabar baik bagi cowok-cowok yang sering ditolak perempuan. Karena pada Bab ini Dika membeberkan tipe penolakan yang dilakukan perempuan dan sekaligus bagaimana cara menghadapinya. Seperti penolakan berikut ini:
Dia langsung ngomong kasar
Dia lebih memilih pendidikan
Dia telat membalas message
Dia nge-crop foto kamu
Dia bilang horoskop kalian tidak cocok
Dia gak pernah mau diajak nonton, dan
Dia menyamakan kamu dengan setan
Setiap tipsnya juga dilengkapi ilustrasi komik yang menjadi perbedaan buku terbaru Raditya Dika dari buku-buku sebelumnya. Bahkah di setiap Babnya terdapat ilustrasi dalam bentuk komik.
Ringkasan Bab 5 : Kucing Story
Dika berkeinginan memiliki hewan peliharan yang bisa mengusir kegundahan hatinya setelah menerima penolakan dari seorang wanita. Awalnya sempat bingung menentukan hewan apa yang akan dipelihara. Mulai dari anjing sampai dengan Sugar Glinder. Akan tetapi pada akhirnya ia memilih kucing.
“Katanya kalau kita memilih kucing untuk dibawa pulang,
cara yang paling baik adalah membiarkan kucingnya yang memilih kita.
Ketika di breeder, ataupun di pet shop, kita harus memperhatikan
apakah ada kucing yang mendatangi kita, membuat koneksi sama kita.” (Hal. 94)
Akhirnya pilihan Dika jatuh pada si Bos, begitu dia memanggilnya. Termasuk ras kucing Scottish Fold, dengan mata bulat dan telinganya tertutup setengah membuat kesan menggemaskan untuk Dika. Panggilan Bos sejalan dengan tingkahnya seperti bos besar.
“Kadang gue sampai bingung mana yang majikan, mana yang peliharaan.
Bagi si Bos, gue adalah pembuka-makanan-kaleng-berjalan.” (Hal. 98)
Pada Bab ini berisi curahan hati Dika mengenai kucing tersirat di dalamnya. Tapi tak hanya membahas kucing, dia juga sesekela bercerita tentang mantan kekasih. Seperti kisah cinta bersama mantan pacarnya yang bernama Avi. Dulu sewaktu pacaran, Avi pernah dikasik Anjing sama Dika, yang diberi nama Chica.

Ringkasan Bab 6 : LB
Bab keenam ini bercerita pengalaman pertama Dika menggunakan aplikasi pencari teman bernama Tinder. Aplikasi yang dia ketahui dari temannya yang bernama Podma, saat keduanya berada di Bangkok. Tinder sendiri sebuah aplikasi mobile yang dapat mengetahui siapa saja yang berada di sekitarnya –tentu sesama pengguna Tinder.
Moo: Are you near here? In the mall?
Gue: Yes!
Moo: Starbucks in 5 mins?
Gue: Ok. :)
(Padahal dalam hati: OKE! GILA! YA AMPUN GUE BERUNTUNG BANGET! KYAAA KYAAA KYAAA!). (Hal. 112)
Dika senang sekali dengan ajakan Moo. Gadis yang diketahui berumur 21 tahun (dari profil Tindernya). Dia begitu antusias dan tidak sabar untuk segera menemui Moo di Starbucks, tempat yang ditentukan oleh Moo. Melalui obrolan panjang, mereka saling menanyakan kesibukan satu sama lain. Tapi, tak berselang lama kesenangnya pun kemudian sirna begitu saja. Setelah Dika mengetahui siapa Moo yang sebenarnya.
‘Kenapa kok kamu terkejut?’
‘Enggak, gak apa-apa,’ kata gue. Keringat dua liter ke luar dari sekujur tubuh. (Hal. 114)
Bermulai dari keadaan yang hangat, berubah menjadi salah tingkah, canggung dan sampai akhirnya dia berusaha mecari alasan untuk segera pulang. Pada akhirnya harapan Dika memiliki seorang kekasih dari Thailand pun kandas.
Singkat saja review saya kali ini. Buku koala komal adalah buku ke tujuh  yang ditulis oleh Raditya Dika yang terbit pada tanggal 17 januari 2015. Seperti buku-buku sebelumnya, Raditya Dika  masih mengusung tema komedi dan cerita nyata dari kehidupannya yang absurd.

Ringkasan Bab 7 : Perempuan Tanpa Nama
Dalam bab ini Radit akan menceritakan pengalamannya berkenalan dengan cewek via internet, atau lebih tepatnya melalui aplikasi tinder. Setelah basa-basi sedikit dengan cewek tersebut, mereka berdua pun sepakat untuk betemu. Ternyata, pertemuan tersebut sangat berbeda dengan apa yang diharapkan oleh Radit. Cewek yang ditemui oleh Radit ternyata juga berbeda. Perempuan Tanpa Nama. Dalam bab ini, Radit kembali menceritakan pengalaman patah hatinya. Namun kali ini patah hati yang dialami oleh Radit tidak disebabkan oleh mantan, pacar,  ataupun gebetan. Tapi patah hati yang tidak biasa, yaitu disebabkan oleh perempuan tanpa nama. Maksudnya disini bukan perempuan-perempuan tersebut tidak mempunyai nama, tetapi Radit pernah menyukai seseorang perempuan tapi dia tidak berani atau lebih tepatnya tidak bejo dalam memeroleh nama perempuan-perempuan tersebut.
Ringkasan Bab 8 : Menciptakan Miko
Bab selanjutnya dengan judul Menciptakan Miko, adalah bab yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dalam menciptakan serial Malam Minggu Miko mulai dari awal sampai serial tersebut difilmkan. Banyak sekali manis dan pahit yang dialami oleh Radit dalam menciptakan karya Malam Minggu Miko tersebut. Namun, dari bab ini kita akan bisa mengetahui bahwa sesuatu yang besar memang dimulai dari hal yang kecil. Dan Raditya Dika telah membuktikannya.

Ringkasan Bab 9 : Lebih Seram dari Jurit Malam
 Bab selanjutnya berjudul Lebih Seram dari Jurit Malam. Gue agak sedikit kesulitan untuk menceritakan bab ini. Intinya bab ini menceritakan pengalaman Raditya Dika sewaktu SMP yang dikerjain oleh senior ketika mengikuti pelantikan. Dua tahun kemudian Radit dan teman-temannya pun telah menjadi senior dan berniat balas dendam untuk ngerjain para junior yang mengikuti pelantikan pada saat itu. Namun, lagi-lagi ada kejadian absurd yang terjadi ditengah hutan ketika pelantikan berlangsung. Dari kejadian tersebut, si Radit tidak sengaja menorehkan rasa kepada salah satu adik kelasnya.

Ringkasan Bab 10 : Patah Hati Terhebat
            Patah Hati Terhebat adalah bab yang paling bikin gue galau. Disitu Raditya Dika menceritakan pengalaman cinta dari seorang temannya. Gue ga bisa jelasin ceritanya, tapi yang jelas cerita dari teman ceweknya Radit tersebut berhasil membuat gue terkejut. Namun dari kejadian itu, temen cewek yang bernama Trisna tersebut telah belajar sebuah pelajaran penting dari patah hati yang dia alami. Yang tentunya mengubah cara pandangnya terhadap cinta.

Ringkasan Bab 11 : Aku Ketemu Orang Lain
            Bab kesebelas berjudul Aku Ketemu Orang Lain. Bab ini menceritakan tentang pengalaman Radit berhubungan jarak jauh dengan pacarnya waktu itu. Awalnya hubungan mereka berdua berjalan baik-baik saja. Tapi seiring berjalannya waktu, seperti hubungan relationship pada umumnya yang kemungkinan besar akan gagal, si cewek akhirnya ketemu dengan seseorang. Dan disitulah Raditya Dika kembali mengalami patah hati terhebatnya.

Ringkasan Bab 12 : Koala Kumal
            Bab terakhir berjudul Koala Kumal. Buku ini ada kaitannya dengan bab sebelumnya. Disini Radit menceritakan tentang pertemuannya kembali dengan mantan pacarnya yang telah membuat dia mengalami patah hati yang terhebat. Mantannya mengaku menyesal telah memutuskannya  dahulu dan menceritakan bahwa dia yang sekarang sudah beda. Tapi mendengarkan penyesalan tersebut, Radit pun justru malah menanggapi dengan cara yang berbeda. Cara yang lebih dewasa. Itulah rangkuman singkat dari beberapa bab yang ditulis di buku Koala Kumal.
“Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandang dia terhadap cinta seumur hidupnya. Cara dia melihat cinta akan berbeda semenjak patah hati itu. Yang jelas, orang setelah mengalami patah hati hebat akan berubah. Kadang perubahannya buruk banget, kayak gue yang gak bisa pacaran lagi. Kadang perubahannya membuat mereka jadi homo atau lesbian. Kadang perubahannya gak terlalu dahsyat, kayak misalnya mereka jadi gak gampang percaya sama orang. Tapi yang jelas mereka berubah.”

B.       UNSUR INSTRINSIK NOVEL “KOALA KUMAL” KARYA RADITYA DIKA
Unsur instrik novel meliputi,
No.
Unsur yang dianalisis
Penjelasan
1
Tema
Tema adalah pokok pembahasan dalam teks cerita.
2
Tokoh dan Penokohan
Pelaku yang memerankan peristiwa dalam sebuah cerita.
3
Plot atau alur cerita
Urutan kejadian/ peristiwa dalam cerita
4
Latar cerita
Di mana dan kapan kejadian-kejadian dalam cerita berlangsung.
5
Sudut Pandang
Peran penulis dalam cerita (sebagai orang pertama atau sebagai orang ketiga)
6
Gaya bahasa
Penggunaan bahasa yang digunakan oleh pengarang dalam cerita
7
Amanat
Pesan yang hendak disampaikan pengarang dalam ceritanya.

Penjelasan setiap unsurnya adalah sebagi berikut.
B.1.TEMA NOVEL “KOALA KUMAL”
Secara umum isi dari novel dengan judul Koala Kumal banyak menceritakan tentang patah hati dan bagaimana cara untuk mengobatinya. Hal ini sangat tergambar dari kejadian tak terduga dalam setiap babnya yang dialami oleh tokoh yang bernama Dika saat dia dihianati oleh pacarnya yang bernama Andrea dan Trisna yang ditinggal oleh Coky ketika mereka masih SMA hal itu terjadi karena Coky meninggal dunia. Jadi, dapat disimpulkan tema dari novel ini adalah Patah Hati.
B.2.TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM  NOVEL “KOALA KUMAL”
Pelaku dalam novel “Koala Kumal” ini cukup banyak . Terdapat pelaku dalam arti yang sebenarnya (penulis cerita) namun pastinya juga terdapat pelaku fiktif (merupakan rekayasa penulis). Disini saya berusaha menulis semua pelaku yang terdapat pada novel karena umlah pelaku yang tidak terlalu banyak. Penjelasannya adalah sebagai berikut.
No.
Tokoh
Penjelasan
1.
Dika

Dika merupakan tokoh utama dalam novel ini. Diceritakan bahwa karakter seorang Dika diantaranya sosok orang yang pesimis, pemalu, mudah putus asa, kurang percaya diri namun dibalik itu ia sebenarnya adalah sosok orang yang sangat penyayang, tulus, romantis, lucu, humoris, dan mudah sekali untuk memaafkan suatu masalah.
2.
Trisna

Trisna mempunyai sifat yang sangat periang dan ceria, spirit, serta memiliki beragam cara unik yang tidak pernah dipikirkan orang lain untuk menyelesaikan suatu masalah. Perannya dalam novel Koala Kumal adalah sebagai orang yang membantu Dika untuk segera move on dari Andrea.
3.
Wira

Memiliki perawaakan yang cool atau keren seperti anak kuliahan pada umumnya sehingga ia banyak digandrungi oleh kaum hawa. Dia merupakan salah satu pria yang menyukai Trisna tetapi pada kenyataannya Trisna kurang menanggapi dan kurang tertarik dengan perasaannya.
4.
Coky

Coky adalah mantan dari Trisna semasa mereka masih duduk di bangku SMA. Ia memiliki kebiasaan yang unik sama halnya dengan Trisna ketika masih berpacaran dulu. Namun sayangnya mereka harus berpisah karena Coky dikisahkan meninggal dunia.
5.
Kinara

Seorang gadis yang baik dan mungkin bisa dibilang sebagai pengganti Andrea.
6.
Andrea

Dia adalah mantan Dika yang kemudian memutuskan Dika dengan alasan yang sangat remeh.
7.
James

Diceritakan karakternya sebagai seorang dokter dengan perawakan yang memiliki segala-galanya yang melebihi seorang Dika. Ia merupakan pacar Andrea setelah putus dari Dika.
8.
Mama dan Papa Dika

Keduanya sangat perhatian dengan Dika. Salah satu harapan yang mereka inginkan dari Dika adalah mereka ingin sekali bertemu dengan pacar baru Dika dan melihatnya selalu bahagia.
9.
Ronny

Dia adalah seorang sahabat Dika dari semasa ia sekolah bersama. Ronny sangat perhstian dengan Dika sampai-sampai dialah yang menjadi wedding organaizer Dika ketika ia ingin menikah dengan Andrea.

B.3.PLOT/ ALUR CERITA DALAM NOVEL “KOALA KUMAL”
Alur cerita yang digunakan dalam novel Koala Kumal adalah Alur Campuran. Karena pada bagian pengenalan serta pada bagian awal peristiwa kebanyakan menceritakan keadaan Dika dimasa sekarang dan bercerita tentang keadaan Trisna dimasa lalunya ketika Trisna mengenang kenangan indahnya bersama Coky ketika masih duduk di bangku SMA sebelum akhirnya Coky meninggal dunia. Alur yang digunakan sangat mendukung cerita sehingga pembawaan dari cerita menjadi menarik untuk terus dibaca dan disimak.
Jika kita uraikan atas alur, novel ini terbagi menjadi :
a.         Pengenalan Situasi Cerita (Exposition, Orientasi)
Ada Jangwe di Kepalaku. Pada saat kelas lima SD, gue adalah anak kecil yang kurang pergaulan. Badan gue kurus, kacamata gue kedodoran, gue juga sering keluar rumah dengan kemeja rapi. Wujud gue seperti petugas sensus kontet. Mungkin gara-gara itu gak banyak yang mau temenan sama gue.Karena jarang punya teman, setiap pulang sekolah gue langsung pulang ke rumah, main video game sepanjang hari.
Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film. Pada pertengahan tahun 2012, gue lagi sibuk-sibuknya menulis scenario film Cinta Brontosaurus. setiap hari, gue menghabiskan waktu sejam untuk menulis dengan pembagian waktu seperti ini: 50 menit browsing internet, 9 meit bengong, dan 1 menit benar-benar menulis.
Balada Lelaki Tomboi. Gue dikenalkan kepada Deska oleh teman SMA gue yang yakin banget kami bakalan cocok. Gue cumin tahu dari fotonya aja, orangnya cantik, rambutnya ikal, alisnya tipis, dan ranhang pipinya tirus.
Kucing Story. Semua orang tahu pertemuan dengan mantan pacar sangat berpotensi menghasilkan galau. Tapi tidak untuk gue dan Avi.
LB. Internet telah mengubah cara orang untuk bertemu jodohnya. Terutama setelah ada aplikasi di handphone bernama Tinder.
Perempuan Tanpa Nama. Banyak laki-laki dalam perjalan hidupnya tidak sengaja bertemu dengan perempuan menarik tapi gak berani ngajak kenalan.
Menciptakan Miko. Semua dimulai saat gue lagi jenuh banget sama acara televise di Indonesia. Setiap nonton televise, gue gak menemukan tayangan yang gue suka.
Lebih Seram dari Jurit Malam Pilihan gue dan Nikolas akhirnya jatuh ke ekskul Palang Merah Remaja. Gue ngerasa ekskul itu cocok untuk gue.
Patah Hati Terhebat. Teman gue yang ini namanya Trisna. Kami sering ngobrol bareng, jalan bareng, pergi ke kondangan bareng. Kami juga sama-sama tahu, kami selamnya akan hanya jadi teman.
Aku Ketemu Orang Lain. Pada bulan Juni tahun 2003, gue berada di dalam pesawat yang menunggu lepas landas. Ada perasaan berat yang masih tersisa di dada. Ada sesuatu yang belum selesai.
Koala Kumal. Baru-baru ini nyokap sering bertanya istilah-istilah anak muda yang dia gak ngerti. Pertama-tama, dia nanya soal move on.
b.        Pengungkapan Peristiwa
Ada Jangwe di Kepalaku. Semenjak kejadian laying-layang putus itu, gue jadi berteman baik dengan dua orang tadi: Bahri dan Dodo. Setiap sore mereka dating kerumah gue, ngajak main di sekitar kompleks.
Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film Kalimat ‘ Titit gak cumin dipake buat pipis’ terus terngiang-ngiang di kuping. Gue pun mendapatkan ide untuk memasukkan adegan tersebut ke scenario film Cinta Brontosaurus. akhirnya ada juga solusi untuk adegan keluarga yang kurang lucu.
Balada Lelaki Tomboi. Perubahan pertama dimulai dari Deska yang jadi sering cuek ke gue. Perubahan selanjutnya, Deska jadi sering cerita soal cowok tetangganya, Astra.
Kucing Story. Obrolan gue dangan Avi tentang kesepian dan binatang peliharaan meninggalkan bekas yang dalam. Semenjak itu, kalau lagi nonton TV, gue jadi ngerasa kesepian.
LB. Dia mengajak gue dating ke Starbucks dalam lima menit. Gue mau menjerit kesenangan. Ini pertama kalinya gue memakai aplikasi seperti ini untuk mencari jodoh, dan ketika da yang match dengan gue, gue langsung dapat orang secantik Moo.
Perempuan Tanpa Nama. Perempuan tanpa nama terakhir gue lihat pada tahun 2011, di toko Topshop Senayan City. Gue ada di rak seberang, mencuri pandang, supaya tidak ketahuan memperhatikan dari tadi.
Menciptakan Miko. Berbekal dari pengalaman ini gue memutuskan membuat sebuah serial komedi tentang pengalaman seorang cowok jomlo cemen dalam melewati setiap malam Minggu. Cowok tersebut gue kasih nama Miko.
Lebih Seram dari Jurit Malam. Gue mengenali dia sebagai Lina, junior gue di PMR. Dia lalu duduk di sebelah gue, mengecek kartu peserta ujiannya sekali lagi, lalu bertanya, ‘Aku semeja sama Kak Dika?’
Patah Hati Terhebat. ‘Gini, gue sebenernya punya pengalaman patah hati paling dahsyat yang gue simpen selama ini. Lo tahu, kan, kayak di film-film, kalau orang trauma psikologis parah, dia bisa sampai memory block gitu, ingatannya disembunyikan secara tidak sadar, tahu kan? …... Dika, ini lebih parah dibandingkan Dubledore mati.’
Aku Ketemu Orang Lain. Dua tahun berlalusemenjak telepon itu, gue dan pacar menjalani long distance relationship dengan aman. Tidak seperti yang kami duga, semuanya berjalan lancer.
Koala Kumal. Beberapa hari kemudian mantan gue ini mengajak ketemuan di Toscana, Kemang. Ketika dinner, mantan pacar gue baru mengaku kalau cowoknya gak tahu tentang pertemuan kami.
c.         Menuju Konflik (Rising Action)
Ada Jangwe di Kepalaku. Suatu malam sepulang Terawih, Bahri mengajak gue dan Dodo ke rumahnya. Di daalam kamarnya, Bahri mengeluarkan satu buah plastic hitam, dari bawah tempat tidur. Bahri berkata, ‘Di dalem plastik ini ada petasan jangwe.’
Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film ‘kau bikin pelem gak bilang-bilang! Papa mau nonton, ah, pelem Cinta Brontosaurus kau itu!’ ‘Wah, jangan, Pa,’Gue tidak bisa membayangkan apa reaksi Bokap ketika dia tahu perkataan ‘Titit jangan cuma dipakai buat pipis’-nya gue tamplkan di layar lebar.
Balada Lelaki Tomboi. Seharusnya gue tahu apa yang terjadi dengan Astra, Jet LI, dan chicken teriyaki malam itu adalah pertanda bahwa hubungan gue dengan Deska akan semakin memburuk.
Kucing Story. Keesokan harinya si kucing Scottish Fold ini sampai di rumah. Begitu keluar dari kandang dia langsung mengendus-endus sekitarnya. Pede dan tidak terlihat takut, si Bos naik ke tempat tidur, menaiki paha gue, dan mendengkur keras- tanda dia sedang kesenangan.
LB. Ada hening yang lewat beberapa saat, lalu Moo berkata kembali, ‘Kamu benar-benar mau kenal denganku?’
‘Iya, makanya gue kesini sekarang,’ kata gue.
‘Okay, I trust you. Maaf ya, soalnya jarang orang mau ketemu aku lewat Tinder.’
Perempuan Tanpa Nama. Bersiap mengajak ngobrol si Cewek Cantik, gue menaruh baju yang tadinya hendak gue beli di tangan gue, kembali ke rak baju. Hugo langsung mengambil bajunya kembali. ‘Lo bawa aja bajunya. Tambahin lebih banyak lagi. Biar keliatannya lo tajir, lagi mau beli banyak baju.’
Menciptakan Miko. Problem saat shootingyang ngeselin adalah: suara yang mengganggu. Untuk mendapatkan adegan yang baik, suara yang direkam juga harus baik.
 Lebih Seram dari Jurit Malam. Pada hari terakhir ujian dia terlihat sedih karena ini berarti kami kembali ke kehidupan masing-masing. Gue bilng ke Lina, ‘Kita ketemu di pelantikan, ya. Lo dating, kan?’
 Patah Hati Terhebat. Mereka semua bilang selamat, gue lolos masuk UGM! Kabar gembira ini gue sampaikan ke Ruben lewat SMS, hamper saat itu juga dia langsung nelpon gue.
Aku Ketemu Orang Lain. Dulu paling tidak dua hari sekali dia menyempatkan untuk online di warnet dekat kosannya, chatting sama gue. Lama kelamaan kebiasaan itu hilang.
Koala Kumal. Anehnya, setelah pertemuan itu, gue makin akrab dengan mantan gue. Dia sering menelpon gue ketika gue sedang kerja. Puncaknya, dia  mengajak gue makan malam lagi.
d.        Puncak Konflik (Turning Point, Komplikasi)
Ada Jangwe di Kepalaku
‘Gue gak jadi beli petasannya, Ri,’ kata gue, berbohong.
‘Terus?’
‘Gue gak ikutan lagi, deh, main petassan. Takut kualat.”
‘Jadi? Lo gak ikut malem ini?’ Bahri terlihat kesal. ‘Segini doing pertemanan kita?’
‘Iya, segini doang. Kalau kita gak berteman lagi gara-gara ini, biar kita gak usah ketemu lagi. Selamanya,’ kata gue, berasa kayak adegan di drama Korea.
Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film. Suasan amendadak mencekam. Gue menggenggam gelas green tea di tangan anan gue. Rasa dinging di gelas dan keringat yang mengalir pada telapak tangan gue bercampur menjadi satu.
Gue bertanya, ‘Kecewa kenapa, Pa?’
Bokap memukul meja sambil mengangkat alisnya. Lalu dia berseru, ‘KENAPA PELEM KAU GAK ADA ADEGAN CIUMANNYA?!’
Balada Lelaki Tomboi. Telepon dari Deska mengeluarkan kalimat, ‘Ada yang pengin aku omongin sama kamu.’
Kucing Story. Bagi si Bos, gue adalah pembuka makanan kaleng berjalan. Gue menyerah pada perintahnya, bakalan ke dapur, buka kulkas, dan memberikan satu porsi Whiskas ke atas piring makanannya.
LB
‘Yes, Lady Boy.’                            
‘Wait…what?’ Tanya gue. ‘Bisa diulangi lagi?’
‘Aku ini lady boy.’
‘Lady? Boy?’ Tanya gue. Lady. Boy. Ini berarti…. Moo adalah seorang waria.

Perempuan Tanpa Nama
‘Tunggu dulu. Loh? Mas ini bukannya..?’
‘Uh.. bukannya.. apa..?’
Dia berkata dengan nada pelan dan hati-hati, ‘Pramuniaga disini?’
Menciptakan Miko. Ternyata, di White Hunter, kafe seberang tempat kita shooting, ada Andien dan band-nya lagi manggung. Suara musiknya keras, sampai-sampai setiap kali kita shoot, suaranya mengganggu adegan.
Lebih Seram dari Jurit Malam. Lina lari ngibrit gak karuan, sementara, gue dibelakangnya, ikutan lari, gue jatuh terguling-guling. Gue bangkit lagi lalu menjerit sambil berlari,’LINA! KENAPA LO LARI?!’
Patah Hati Terhebat
“Ruben… Ruben udah gak ada lagi.”
“Maksudnya gak ada lagi? Ruben, dia lagi di Jogja, kan? Lagi nyari kosan buat nanti kuliah, gitu-gitu kan?”
“Dia kecelakaan motor, Trisna. Ruben meninggal.”
 Aku Ketemu Orang Lain
‘Aku ketemu orang lain,’ kata Pacar.
‘Apa?’
‘Aku,’ kata dia, lalu melanjutkan, ‘ketemu orang lain.’
……
Telepon kami pun berakhir dengan kalimat yang keluar dari mulutnya, “Kita putus baik-baik aja, ya.”
Koala Kumal
‘Maksud kamu pacarmu yang dulunya selingkuhan mu dari aku? Sekarang aku yang mau kamu jadiin selingkuhan kamu?’ tanya gue.
e.         Penyelesaian (Evaluasi, Resolusi)
Ada Jangwe di Kepalaku. Setelah keadian itu, gue masih Tarawih di masjid dekat rumah, tetapi gue udah gak pernah bertegur sapa lagi sama Bahri. Seminggu kemudian, Dodo menelpon gue, dia bilang tangan bahri terkena ledakan petasan teko.
Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film. Gue masih memandangi Bokap, berpikir untuk mencium ubin, sujud syukur merayakan keselamatan gue hari ini. Gue berhasil hidup untuk hari lain.
Balada Lelaki Tomboi. Sama kayak olahraga, kita akan bosan kalau melakukan hal yang sama terus-menerus. Deska jadian sama Atra bukan karena da lebih nyambung dengan Astra dibandingkan sama gue, melainkan Astra lebih baru daripada gue. Selalu, yang baru akan terlihat lebih baik daripada yang lama.
Kucing Story. Meskipun kelakuan si Bos seenaknya, tetapi dia pintar mengambil simpati tamu yang main ke rumah. Teman-teman gue, terlebih cewek, selalu luluh oleh muka unyu si Bos.
LB
‘Kayaknya aku harus pergi deh,’ kata gue. ‘Soalnya itu, aku baruu ingat ada meeting diluar sini.’
‘Tunggu kamu belum bilang kamu kerja apa,’ kata Moo.
‘Penulis, aku penulis. Sudah dulu ya,’ kata gue.
Perempuan Tanpa Nama. Gue dan Hugo memutuskan ngopi di Starbucks lantai bawah. Tapi mengingat kegagalan gue ngajak kenalan tadi, gue memilih hanya memeperhatikan mereka berjalan.
Menciptakan Miko. Gue memutuskan pindah dari kafe ini untuk shooting di rumah orang tua gue di Kemang. Gue menyulap bagian ruang tamunya menjadi kafe.
Lebih Seram dari Jurit Malam. Lama-kelamaan Lina malah jadi doyan curhat tentang cowok yang dia taksir. Gue, hanya mendengarkan dia ngomong.
Patah Hati Terhebat. Kayaknya gue nge-block memori itu. Gue inget samar-samar, tapi detailnya tidak terlalu jelas.
Aku Ketemu Orang Lain. Tiba-tiba, mantan pacar gue datang, mengeluarkan undangan perkawinan. Dia membagikannya kepada teman-teman yang lain, kecuali gue.
Koala Kumal. Kami, berhadap-hadapan. Dua orang yang dulu pernah pacaran, tetapi sekarang gue merasa justru berhadapan dengan orang asing, orang yang sudah tidak gue kenal lagi.
f.          Koda
Ada Jangwe di Kepalaku. Gue pergi ke gudang, mengambil satu buah layangan yang dulu gue mainkan bersama bokap. Layangan yang membuat gue bertemu Bahri dan Dodo.
 Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film. Kami makan dengan senang hati. Sebagai tanda selamatnya nyawa gue hari ini, gue mentraktir Bokap makan.
Balada Lelaki Tomboi. Problemnya bukan mencari orang yang lebih baru, tetapi untuk memperjuangkan yang nyaman. Ternyata, Deska juga lebih cowok dari gue untuk urusan hati.
Kucing Story. Jika dikebiri maka dia tidak punya dorongan seksual, maka dia tidak punya dorongan untuk mencintai lawan jenisnya. Maka, ketika dia sudah tidak bisa mencintai, mungkin dia tidak harus berurusan dengan hal-hal yang berhubungan dengan cinta.
LB. Gue berjalan semakin menjauh, mengmbil handphone dari dalam saku celana. Gue tahu aplikasi apa yang akan gue uninstall malam ini.
Perempuan Tanpa Nama. Sampai saat ini pun gue hanya bisa berharap, jika waktunya tepat, gue bisa berkenalan dengan perempuan yang gue suka, pada sebuah kebetulan, dan akhirnya kami saling menyebut nama satu sama lain.
Menciptakan Miko. Di balik masalah yang pasti selalu ada ketika shooting, gue senang menyelesaikannya. Gue membuat Miko dari nol.dari gue gak ngerti apapun tentang penytradaraan dan produksi serial televisi, sampai bisa mneyelesaikan dua season tepat waktu.
Lebih Seram dari Jurit Malam.‘Semua orang pasti pernah patah hati, Nik,’ kata gue. ‘Dan itu lebih menakutkan dari jurit malam mana pun yang pernah ita lewatin.’
Patah Hati Terhebat. ‘Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya dia terhadap cinta seumur hidupnya. Cara dia ngelihat cinta akan berbeda semenjak patah hati itu. ….’
 Aku Ketemu Orang Lain. Kenapa dia harus menikah dengan orang yang menjadi selingkuhannya dulu, gue gak paham. Kenapa gue maih merasa getir sampai sekarang, jug ague gak paham.
Koala Kumal. Sama seperti gue melihat dia sekarang. Patah hati yang gue alami akibat apa yang dulu dia lakukan membuat dia berbeda di mat ague. Gue dulu jatuh cinta pada seorang perempuan cantik, baik, dan bisa gue percaya. Namun, setelah semua yang terjadi, dia berubah menjadi orang yang lain. Gue merasa asing.

B.4.LATAR CERITA DALAM NOVEL “KOALA KUMAL”
Unsur latar dalam novel “Koala Kumal” ini meliputi latar waktu, suasana, dan latar tempat.
a.              Latar Tempat
·  Apartemen Dika
·  Cafe
·  Rumah Andrea
·  Rumah Trisna
·  Rumah James
·  Tempat Seminar
·  Kampus Trisna

b.              Latar Waktu
·  Pagi
·  Siang
·  Sore
·  Malam

c.              Latar Suasana
·         Sedih
·         Hening
·         Kecewa
·         Putus asa
Dalam novel ini menggambarkan suasana kesedihan karena patah hati yang dirasakan oleh Dika.

B.5.SUDUT PANDANG DALAM NOVEL “KOALA KUMAL”
Sudut pandang yang digunakan dalam novel Koala Kumal adalah sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama dinuktikan dengan kata “gue” yang berarti aku atau saya.

B.6.GAYA BAHASA DALAM NOVEL “KOALA KUMAL”
Bahasa yang digunakan dalam novel ini adalah bahasa yang tidak baku dan terkesan santay selain itu bahasa yang digunakan juga bahasa sehari-hari, dan j uga bahasa yang sederhana, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh para pembacanya. Meski dengan bahasa yang sederhana penulis mampu membuat pembaca ikut serta merasakan kesedihan yang dialami tokoh utama yaitu Dika.

B.7.AMANAT DALAM NOVEL “KOALA KUMAL”
Amanat atau pesan yang terkandung dalam novel Koala Kumal adalah janganlah kita terlalu larut dalam kesedihan karena patah hati karena seseorang yang kita kenal tak selamanya akan sama melainkan ada fase dimana orang itu berubah dan perubahan bisa kapan saja terjadi tanpa bisa kita hindari. Karena itu jika menjalin hubungan satu sama lain antara keduanya harus selalu memahami dan memperbaiki diri serta tetap menjaga satu sama lain.

C.UNSUR EKSTRINSIK DALAM  NOVEL “KOALA KUMAL”
Melalui novel ke 7-nya Raditya Dika ingin menungkapkan bagaimana perasaannya saat patah hati dengan Andrea yang sedikit lagi hendak menikah dengannya. Namun selain mengungkapkan patah hati novel ini juga menceritakan bagaimana usaha Dika untuk menyembuhkan patah hatinya yang dibantu oleh Trisna dengan berbagai tingkah konyolnya yang dapat menghibur Dika sehingga Dika dapat melupakan kenangannya selama bertahun-tahun dengan Andrea. dapat dikatakan novel ini mengandung kiat-kiat move on dan sebab-sebab patah hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Douwes Dekker Sang Inspirator Revolusi